3 Agu 2023

Apa Yang Harus Dilakukan Bila Nilai ACE Kita Tinggi?

Ketenangan Jiwa

Sudah terlanjur tumbuh dewasa dan baru menyadari bahwa kita memiliki nilai ACE yang tinggi? Nilai ACE menunjukkan potensi resiko kesehatan fisik sebagai akibat dari masa kecil yang traumatis. Semakin tinggi nilai ini, semakin besar potensi terjadinya masalah kesehatan di usia dewasa/ tua. Untuk tahu lebih dalam tentang nilai ACE, silakan tulisan saya sebelumnya.
 
Namun jangan khawatir berlebihan, karena semakin cepat seseorang mengetahui nilai ACE-nya semakin besar pula kesempatan untuk mencegah masalah kesehatan yang mungkin timbul. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi pengalaman traumatis tersebut dan membangun kehidupan yang lebih sehat dan bermakna adalah sebagai berikut :

Cari Dukungan Profesional 

Jika pengalaman masa kecil yang traumatis terus mempengaruhi kesehatan fisik dan mental, penting untuk mencari bantuan dari tenaga profesional kesehatan mental atau terapis. Mereka dapat membantu Anda mengatasi trauma, mengelola stres, dan mengembangkan strategi koping yang efektif. Tenaga profesional juga bisa membantu memberikan cara mengatasi trigger (pemicu) trauma yang datang dalam kehidupan sehari-hari seperti stres di jalan, tekanan pekerjaan, tuntutan keluarga, dll. Sehingga Anda tidak mencari jalan keluar singkat yang justru akan semakin memperburuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Menerima dan Tidak Menyalahkan Diri Sendiri

Masa kecil adalah periode yang dilalui oleh setiap manusia, karenanya kita harus menerima apa yang terjadi di masa tersebut dan berhenti menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan saat itu. Masa kecil yang traumatis bukanlah kesalahan Anda, dan Anda pantas untuk merasa aman dan bahagia di masa depan.

Temukan Dukungan Sosial 

Cari dukungan dari teman, keluarga, atau kelompok yang dapat memahami perjalanan Anda dalam menghadapi trauma masa lalu. Pilih lingkungan yang dapat mendukung setiap proses yang Anda lalui; tinggalkan mereka yang meragukan pengalaman Anda atau menganggap apa yang Anda lakukan saat ini tidak bermanfaat.

Cari Kegiatan yang Membawa Makna

Temukan kegiatan atau hobi yang membawa makna dan menyenangkan untuk Anda. Kegiatan positif ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup. Fokus pada kesehatan fisik dan emosional Anda. Rajin berolahraga, tidur cukup, dan makan makanan bergizi dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Terima Prosesnya 

Proses penyembuhan dari trauma masa kecil tidak selalu mudah dan memerlukan waktu. Terimalah bahwa perjalanan ini mungkin berliku, namun setiap langkah kecil menuju pertumbuhan dan pemulihan merupakan pencapaian yang berarti.
 
Penting untuk diingat bahwa setiap kita adalah unik dan pendekatan yang tepat untuk mengatasi nilai ACE yang tinggi dapat bervariasi. Jangan ragu untuk mencari dukungan yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi Anda. Jika Anda merasa krisis atau berpikir untuk menyakiti diri sendiri, segera hubungi bantuan profesional yang tepat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Membership of :

Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com