7 Mar 2024

Perawatan Kulit Wajah Harian Yang Dibutuhkan

Merawat Wajah

Mengapa Anda perlu melakukan perawatan kulit harian dasar (basic daily skin care)?

Setelah berusia lebih dari 40 tahun, saya baru memahami bahwa perawatan kulit sangat penting untuk dilakukan secara rutin dan sejak dini, terutama kulit wajah dan leher. Saya sendiri tidak mendapatkan pengetahuan mengenai hal ini ketika remaja dan tumbuh dewasa; ibu saya sibuk dengan aktifitasnya di luar rumah sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengajari saya dan adik-adik perempuan saya mengenai kebutuhan perawatan kulit pada remaja. 

Akibatnya, saya terbiasa pulang pergi sekolah, berlatih silat di lapangan, bahkan pergi ke luar rumah tanpa menggunakan sunscreen. Ketika  kuliah pun, saya tidak mengenal bedak khusus wajah, yang saya tahu hanyalah bedak tabur untuk badan saja. Saya baru mengenal pentingnya sunscreen ketika melalui pertukaran mahasiswa di Jepang, karena cuaca di sana bisa sangat ekstrim ketika musim panas. Perawatan wajah lain seperti penggunaan toner, bedak khusus wajah, dll saya dapatkan ketika sudah bekerja dari rekan-rekan sekantor yang sudah lebih paham.

Karena tidak ingin Aini mengalami nasib yang sama seperti saya, sejak ia masuk SMA saya sudah mengenalkan perawatan kulit wajah harian yang dibutuhkan. Tujuan saya adalah agar ia memahami pentingnya menjaga kesehatan kulit wajah sebagaimana organ tubuh lainnya. Terlebih lagi saat ini kerusakan lingkungan dan ozon membuat kulit semakin rentan oleh paparan zat berbahaya dan radiasi matahari. Resiko kesehatan seperti kanker kulit dan penuaan dini mengintai bila perawatan kulit tidak dilakukan dengan baik sedini mungkin.

Untuk melakukan perawatan kulit wajah harian, langkah-langkah dasar yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Membersihkan wajah. Mulailah dengan membersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup. Pilihlah pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda, apakah itu kering, berminyak, atau kombinasi. Beberapa orang cukup membersihkan wajah dengan sabun khusus wajah, namun bila sebelumnya menggunakan make up atau produk wajah lainnya maka bisa jadi dibutuhkan pembersih wajah (facial cleanser) lain atau micellar water.
  2. Menggunakan toner (optional). Penggunaan toner bertujuan menyeimbangkan pH kulit dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang mungkin tertinggal setelah membersihkan wajah. Selain itu, toner juga dapat membantu menyegarkan dan menenangkan kulit.
  3. Memakai serum/ vitamin wajah. Jangan lewati penggunaan serum atau vitamin wajah, terutama bila Anda telah melewati usia remaja. Serum dan vitamin kulit wajah kaya akan bahan-bahan nutrisi seperti vitamin, antioksidan, dan peptida yang membantu memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Fungsinya adalah membantu menghidrasi, memperbaiki, dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan penuaan dini.
  4. Menggunakan pelembap. Pelembap wajah sangat penting untuk untuk menjaga barier kulit wajah memberi hidrasi yang dibutuhkan kulit. Dengan rutin menggunakan pelembap, kulit wajah dapat terhindar dari masalah seperti kulit kering, pecah-pecah, dan kerutan halus, serta memberikan tampilan yang lebih halus, lembut, dan bercahaya.
  5. Menggunakan sunscreen di pagi/ siang hari. Yang tidak kalah penting adalah menggunakan sunscreen saat beraktifitas di bawah sinar matahari, baik di dalam maupun di luar ruangan. Seringkali, karena berada di dalam ruangan Anda menyepelekan sinar matahari yang masuk melalui jendela dan ventilasi, sehingga tidak menggunakan sunscreen. Padahal, efek radiasi matahari pada kulit wajah tetap dapat dirasakan sebagaimana mereka yang ada di luar ruangan. Penggunaan sunscreen akan melindungi kulit wajah dari radiasi sinar matahari yang membuat kulit jadi rentan terkena penuaan dini, hiperpigmentasi (kulit kusam), kerusakan sel-sel kulit, dan peningkatan risiko kanker kulit.

Seperti itulah perawatan kulit wajah harian yang dibutuhkan dan sebaiknya dilakukan secara rutin sejak dini. Jangan sampai terlambat melakukan perawatan kulit wajah sehingga kulit terlihat lebih tua daripada seharusnya dan timbul berbagai resiko kesehatan. 

Agar tidak membebani, Anda pun bisa melakukan rutinitas perawatan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia karena terdapat banyak pembersih wajar, toner, pelembap, dan sunscreen dalam berbagai jenis dan harga. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, mentimun, alpukat, dan lain-lain sebagai pengganti produk perawatan kulit. Yang penting adalah konsisten dalam perawatan kulit wajah agar mencapai hasil yang optimal di usia dewasa.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Membership of :

Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com